Monday 28 January 2013

Pentingnya Manajemen Akuntansi Lanjut bu sisil


CEACILIA SRI MINDARTI
MANAJEMEN AKUNTANSI LANJUT
Tujuan :
1.pentingnya informasi manajeman
2. bisa membedakan antara akuntansi amnajemen dengan keuangan
3. bisa menjelakan sejarah singkat akuntansi manajemen
4. mengidentifikasi dari fokus akuntansi manajemen yang terbaru
5.menjelaskan peran akuntansi manajemen dalam organisasi
6. menjelaskan etika profesi akuntan
7.menjelaskan 3 formulir sertifikasi akuntansi menejemen
3 aktivitas manajer
1.membuat perencanaan
2. melakukan pengendalian
3. pengambilan keputusan
· Perencanaan adalah suatu setting tujuan, mengidentifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.
· Pengendalian adalah aktivitas manajerial dalam memonitor penerapan rencana
Pengendalian dicapai dengan menggunakan feed backatau masukan
· Feed back adalah informasi yang dapat digunakan untuk mengevaluasi setiap langkah dalam mengoreksi tahap penerapan perencanaan
· Pengambilan keputusan adalah prroses mengambil keputusan dari berbagai macam keputusan
Perbedaan antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen
Akuntansi manajemen 
1. Fokus internal ( targeting users)
2. Tidak ahrus mengikuti aturan yang mengikat/ tidak ada instansi yang mengharuskan mengikuti prinsip akuntansi beraturan umum 
3. Informasi bisa informasi keuangan dan non keuangan , non keuangan bersifat non subjektif
4. Lebih menekankan pada masa yang akan datang
5. Evaluasi internal dan keputusan yang dibuat didasarkan pada informasi yang sangat detil
6. Multidisiplin atau melibatkan beberapa disiplin ilmu sehingga area lebih luas
Akuntansi keuangan
1. Fokus eksternal karena outputnya adalah laporan keuangan untuk eksternal
2. Mengikuti aturan yang ditentukan pihak eksternal
3. Informasi keuangan yang objektif
4. Orientasinya masa lalu( dilihat dari time orientation )
5. Informasi keuangan secara keseluruhan / dilihat dari tingkat agretasinya
6. Berisi hanya ilmu ekonomi saja
Sejarah akuntansi manajemen
1880-1925  banyak disgunakan utnuk menhitung harga produk dan prosedur internal accounting
1925 menghitung persediaan bagi laporan external
1950-1960 usaha untuk meningkatkan kegunaan sistem biaya traditional untuk kepentingan manejerial
1980-1990 suatu usaha significan untuk melakukan perubahan secara radikal tentang sifat dan akuntansi karena adanya isu baru yang muncul dalam akuntansi manajeman
Isue yang muncul
1. Activity based manajemen adalah suatu sistem pendekatan terintegrasi dan luas yang memfukuskan pada kegiatan aktifitan manajemen yang meningkatkan nilai konsumen dalam 
proses .
2. orientati konsumen memenuhi keinginan konsumen
3. posisi strategis adalah menggunakan data biaya untuk mengembangkan dan mengidentifikasi strategi superior yang akan menghasilkan keunggulan yang kompetitif.
4. Kerangka kerja rantai nilai ( value chain framework) yaitu serangkaian aktivitas membuat desain, mengembangkan, memproduksi, memasarkan produk dan melakukan layanan purna jual.
Rantai internal Kenapa disebut rantai Karena antara satu dengan yang lain saling berkaitan
Rantai nilai industrial Serangkaian aktvitas yang menciptakan nilai dari bahan baku ( row material ) sampai produk itu dibuang oleh pengguna akhir contoh industri apple( planting and culviting, harvesting, distribution of apples), jeli apple , distribusi dan supermarket.
nilai konsumen adalah perbedaan yang diterima oleh konsumen dengan apa yang dikorbankan konsumen, nilai konsumen yang tinggi apabila produk sesuai dengan keinginan kita.
Total produk adalah apa yang diterima konsumen
Strategi yang digunakan
1. kepemimpinan biaya , merk yang dihasilkan bisa lebih murah dengan catatan tipe sama, kualitas sama,produk sama.
2. menghasilkan produk lebih dari satu jenis.
Efek rantai nilai
1. Pemahaman akuntan manajemen harus memahami berbagai fungsi di dalam bisnis mulai dari produksi sampai dengan memasarkan sehingga dengan memelihara rantai dari awal sampai akhir adalah idel dari total manajemen quality.TQM harus menghasilkan produk yang perfect atau sempurna.
Peran akuntan manajemen dalam organisasi
1. Sebagai pendukung karena mensupport informasi contoh adanya lini function ( bertenggung jawab tentang baik buruknya produk ) , yang kedua staff function ( tidak mempengaruhi produk tetapi sangat dibutuhkan.
Kode etik akuntan menurut  Michael Josephson (Ten ethical values)
1. Honesty( jujur )
2. Integrity (mengerjakan hati sepenuh hati)
3. Menepati janji ( promise keeping )
4. Fidelity ( setia )
5. Fairness ( adil )
6. Caring for others (peduli dengan yang lain )
7. Respect for others ( menghargai orang lain )
8. Responsible citizenship ( warganegara yang bertanggung jawab )
9. Pursuit of excellence ( berusaha untuk sempurna)
10. Akuntability ( bisa dipercaya )
Jika tidak memenuhi kode etik maka akan dicabut ijin praktek oleh departemen keuangan melalui nomer register
Sertifikasi profesional
1. CMA ( Certificate Management Acountant ) yaitu sertifikasi bagi akuntan manajemen
a. Tujuan utama :
                       Untuk menentukan Akuntansi manajemen sebagai organisasi yang terpisah dari    profesi akuntan publik.
2. CPA ( Certificate Public Acountant ) bertanggung jawab memberikan jawaban tentang reabilitas keuangan terutama perusahaan publik.
3. CIA   ( certificated Internal Audit )  untuk memberikan kompetensi dalam bidang audit internal bukan audit eksternal seperti akuntan publik
Syarat sertfikasi profesional
Harus menguasai 4 aspek 
1. Pintar tentang ekonomic, finansial dan amnajemen
2. Pintar laporan keuangan dan laporan
3. Membuat analisis laporan manajemen dan isue perilaku yang lain
4. Membuat analisis keputusan dan sistem informasi

No comments:

Post a Comment